♥ Lentera Qalbu ♥

Cermin Hati menuju Inspirasi


Seiring waktu berlalu tangis tawa dinafas ku, Hitam diputih hidup ku jalani takdir ku...
Tiada satu yang tersembunyi, Tiada yang satu  yang terlupa segala yang terjadi 
Engkaulah saksinya...
Kau Maha Yang Maha Mendengar, Kau Yang Melihat , Kau Yang Maha Pemaaf 
 pada Mu hati bertaubat...
Kau Yang Maha Pengasih, Kau Yang Maha Penyayang, Kau Yang Maha Pelindung, 
pada Mu semu bergantung...

Dan Allah turunkan peringatan bagi hambaNya yang Khilaf, lalu membentang maaf melebihi hamparan bumi dan seluas Arsy-Nya, bagi hamba-NYa yang benar-benar bertaubat.  Ya Allah Ya Rahman dan Rahiim...maka jadikanlah hamba termasuk kedalam orang-orang yang pandai dalam mengambil hikmah dan diterima taubat.

Allah Maha Pengasih dan Penyayang, bagaimana bentuk kasih sayang-Nya? Amat sangat banyak. Salahsatunya...Ia akan mengingatkan hamab-Nya yang berada dalam kesalahan untuk kembali kepada kebenaran...diibaratkan seorang Ibu mengasihi anaknya...maka Ibu tidak akan membiarkan anaknya terus berada dalam kesalahan...atau bahkan seorang pasangan suami istri, takala suaminya khilaf maka sudah kewajiban seorang istri mengingatkan atau bahkan pula sesama saudara seiman...”Ukhti Fillah anti sepertinya melakukan hal yang tidak sesuai, maka Allah tak suka seperti itu”...tentunya dalam penyampaian nasehat gunakanlah lisan serta bahasa yang baik, sehingga perasaan orang yang dinasehati tidak tersinggung, sehingga tidak menyepelekan nasehat yang diberikan. Justru yang kurang baik saat mengahadapi sesuatu yangtidak sesuai dengan ajaran atau ketetapan malah dibiarkan...Allah menurunkan peringatan-Nya, bentuk kasih-Nya bisa secara langsung dengan cara menghembuskan kedalam Qalbu...atau bahkan melalui wasilah orang lain...tentunya hal ini hanya media saja...Allah Maha tau bagaimana cara mentarbiyah hamban-Nya.

Terkait dengan fokus pembasan dalam tulisan ini, akan lebih mengarah pada bagaimana mengambil Ibroh dari wasilah orang yang telah mengingatkan kepada kita, dalam pembahasan ini terkait dengan masalah ketika interaksi antara ikhwan dan akhwat yang tidak terjaga...maka perlu ada salahsatu diataranya mengingatkan dalam ketaqwan dalam keimanan...seoranng muslim yang taat dan cinta pada saudaranya maka ia akan mengingatkan, sepahit apapun maka perlulah saling mengingatkan dalam kebaikan yang bermuara pada keimanan...seperti yang telah Allah sampaikan dalam Kalam-Nya, “Dan tidak ada pertanggungjawaban sedikit pun atas orang-orang yang bertakwa terhadap dosa mereka; akan tetapi (kewajiban mereka ialah) mengingatkan agar mereka bertakwa” (QS Al-An’aam:69).

Sudah jelas berdasarkan ayat di atas, mengingatkan dalam kebaikan (ketqawaan) merupakan kewajiban orang-orang yang bertaqwa, orang-orang yang di bekali keimanan. Ketika ada seorang ikhwan ataupun akhwat yang sudah mulai tidak bisa menjaga hijab, maka peringatilah ia...jangan sampai sama-sama menikmati dan menyelami kubangan dosa, maka siap-siaplah laknat Allah datang kepada keduanya...pentingnya sebuah menjaga hijab telah Allah antumkan dalam Q.S An-Nur: 31, “Katakanlah kepada wanita yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak daripadanya...”. jika ada seorang wanita yang melakukan hal yang tidak sesuai ajaran yang Allah perintah terkait dengan masalah batasan interaksi antara layaknya laki-laki dan perempuan yang bukan mahromnya, maka sudah kewajiban saudaranya  yang beriman untuk mengingatkannya. Dalam ayat ini diperintahkan untuk wanita beriman, namun dalam ruang lingkupnya berlaku kebalikannya, jadi jika ada laki-laki yang khilaf tidak menjaga hijab maka perlu diingatkan juga.

Fenomena yang ditemukan, ketika interkasi yang dilakukan terlalu jauh maka setan dengan mudah membisikan untuk masuk dalam kubangan dosa, pacaran...berdua-duan bahakan sampai melakukan hal yang sungguh dilaknat Allah...inilah aturan yang meninggikan wanita bahwa perisainya yang terkokoh ada pada hijabnya...(sikap dan penampilan)....jika perisai wanita sudah mulai rusak maka sisp-siaplah wanita tersebut akan terserang dan mudah dikalahkan oleh setan. Sunggu merugillah jika Allah mendatangkan seorang saudara seiman yang mendatangkan serta mengingatkan untuk memperkuat perisai tersebut, tapi malah berdiam saja dan tidak berbenah iman...maka beruntunglah bagi wanita peka yang mau bertaubat dan memohon diperkuat iman-Nya kepada Allah. Dalam hal perlindungan tentunya tidak hanya terhadap wanita, namun inipun berlaku bagi laki-laki. 

Jagalah diri kita, karena setan datang dengan sejuta pesonanya...pesona yang membuat angan melambung tinggi, pesona yang membuai hati, melalaikan iman, ketika diri kita tidak merapat kepada Allah dan jauh dari kolidor-Nya...maka bersiap-siaplah tertunggani oleh bisikan serta, ajakan setan, kelak bersama setan berada dalam bara api...menjulurkan dosa-dosa yang tertuai di duni maka di balas bara api neraka...

Andai biasa ku mengulang  waktu hilang dan terbuang, andai bisa ku kembali hapus semu pedih...
Andai mungkin aku bisa kembali ulang segalanya, tapi hidup takan bisa meski ada air mata...
Kau Maha Yang Maha Mendengar, Kau Yang Melihat , Kau Yang Maha Pemaaf 
 pada Mu hati bertaubat...
Kau Yang Maha Pengasih, Kau Yang Maha Penyayang, Kau Yang Maha Pelindung, 
pada Mu semu bergantung...


Catatan ini tertulis selepas seorang hamba Allah hadir sebagai wasilah kebenaran, semoga Allah istiqamahkan, dan Allah luaskan ilmunya serta mudahkan setiap urusannya, dan di dekatkan dengan orang-orang yang bertaqwa.
18 Jumada Al-Thani  1433 H
Tergores catatan berama alunan nasyid “Maha Melihat” di  Kampus Peradaban As-Syifa

1 komentar:

halo gan,
tetap semangat tinggi ya untuk jalani hari ini ! ditunggu kunjungannya :D

"♥ Assalamu'alaikum...selamat datang di blog sederhana ini. semoga setiap rangkaian kata-kata bisa menginspirasi & memberi motivasi hingga menjadikan lentera penerang dalam hati...♥"

♥..Inilah Aku..♥

Foto Saya
Tuti R.Lestari
"Seorang hamba Allah yang senantiasa berusaha menjalankan titah-titah Rabbnya... Semoga setiap goresan pena dapat memberikan inspirasi dan Motivasi..."
Lihat profil lengkapku

Blog Archive

:::: Translet ::::

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Entri Populer

Follow

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...